Sabtu, 15 Juni 2013

Assalaamu'alaikum

Hari ini Blog MUSHAF ingin mengulas sedikit mengenai serba-serbi kedokteran Universitas Malikussaleh yang mana sepertinya sedang dicari-cari oleh calon mahasiswa yang ingin mendaftar atau telah diterima melalui jalur undangan. Mungkin saya sebagai penulis tidak bisa menuliskan secara detail seperti biaya kuliah atau persyaratan akademis lainnya, tapi jika ada pertanyaan bisa komen di bawah, nanti akan kami coba cari jawabannya :)

Kampus PSPD Unimal
Screen shoot Akreditasi PSPD Unimal


Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Malikussaleh atau yang lebih sering disebut PSPD Unimal ini telah berdiri sejak tahun 2008 dengan angkatan pertamanya yang juga pada tahun itu. Hingga saat ini telah tercatat sebanyak lebih dari 60 mahasiswa yang telah lulus dan mendapat gelar sarjana kedokteran (S.Ked) baik itu dari angkatan '08 maupun '09. Kini para sarjana itu tengah menjalani tahap kepanitraan klinik dengan menjadi dokter muda di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia, Aceh Utara, sebagai ko-asisten (Koas). Untuk para koas ini berikutnya akan dibahas lebih lanjut.

Nah, PSPD Unimal telah mendapatkan pengakuan resmi dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Negeri dengan mendapatkan nilai akreditasi "B" (Baik) berdasarkan SK Ban-PT No. 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013

Kampus ini hingga kini telah memiliki lima angkatan mahasiswa dengan profil dan berasal dari kota asal yang berbeda-beda. Berhubung jalur penerimaan saat itu tidak hanya melalui Ujian Mandiri tapi juga melalui SNMPTN, banyak pendaftar yang berasal dari berbagai pulau di luar Aceh. Karena itulah, di Unimal sendiri PSPD merupakan jurusan dengan keberagaman budaya yang paling terasa di antara mahasiswa nya.

Yudisium ke-2 Tahun 2013
Setiap tahunnya mahasiwa yang diterima sekitar 50-60 orang, maka dari itu setiap angkatan (atau kalau di sini lebih sering disebut leting) hanya terdiri dari satu lokal namun nantinya akan dibagi-bagi lagi menjadi enam kelompok untuk kegiatan tutorial, praktikum, dll. Tentang pembagian kelompok ini juga akan dibahas secara lanjut nanti.

Berbicara tentang kegiatan perkuliahan, PSPD Unimal sendiri hingga kini menggunakan sistem Problem Based Learning (PBL) yang merupakan model pembelajaran yang melibatkan mahasiswanya untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga mahasiswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Bingung? Pasti gak bakalan bingung kalau udah ngerasain :)

Jadi sistem PBL ini berbeda dengan sistem pembelajaran lama atau konvesional yang dulu biasa digunakan oleh kampus-kampus kedokteran. Kita tidaklah lagi hanya duduk di ruang kuliah dan memperhatikan dosen berbicara di depan selama berjam-jam setiap harinya lalu menghadapi ujian berdasarkan materi yang telah diajarkan dosen tadi. Sistem ini lebih berfokus pada pemecahan masalah yang tiap minggunya diberikan dalam bentuk skenario dalam kegiatan tutorial.

Nah tutorial ini sendiri dilakukan dua kali setiap minggunya, pada pertemuan pertama membahas seputar masalah dalam skenario dengan pengetahuan peserta yang masih seadanya, dan pertemuan kedua lebih kepada sharing informasi setelah peserta mengumpulkan informasi sebanyaknya dari berbagai referensi yang relevan dan valid. Peserta tutorial sendiri terdiri dari sekitar 9-11 mahasiswa yang telah dibagi menjadi kelompok tetap tiap semesternya. Selain itu juga akan ada tutor yang mengawasi jalannya tutorial dan memberikan feedback atas hasil diskusi pada akhir tutorial.

Dengan adanya tutorial tidak serta merta mahasiswa dilepaskan dengan belajar mandiri namun tetap ada kegiatan Kuliah Pengantar yang mana diisi oleh dosen-dosen yang merupakan dokter spesialis yang ahli di bidangnya masing-masing. Seperti namanya, kuliah ini hanya pengantar saja yang diharapkan dapat memicu mahasiswa untuk mencari lebih lanjut tentang materi yang sedang dipelajari. Dengan begitu penilaian tidak lagi berdasarkan pandangan subjektif dari tiap dosen melainkan melalui kemampuan si mahasiswa yang telah berhasil mengumpulkan informasi sebanyaknya dengan membaca referensi berupa buku-buku maupun jurnal.

Selain itu, sama seperti pada fakultas kedokteran lainnya, di sini juga diadakan kegiatan praktikum bermacam-macam seperti fisiologi, histologi, anatomi, mikrobiologi, biokimia dan lain-lain. Praktikum ini dilakukan di laboratorium nya masing-masing. Tidak hanya itu, untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan praktek medis maka diadakan kegiatan Skills Lab (SL) yang mana contoh materinya adalah bagaimana ketika menghadapi pasien, melakukan anamnesa, melakukan berbagai pemeriksaan untuk keperluan diagnosa, serta tindakan medis lain. Dari kegiatan-kegiatan inilah mahasiswa kedokteran mendapat ilmu serta pengalaman agar siap menjadi dokter yang profesional nantinya.

Staf pengajar Unimal sendiri terdiri dari para profesor dan dokter spesialis, dokter umum, juga ada dosen yang merupakan praktisi ilmu di luar kedokteran seperti ahli statistik. Dosen tetap kebanyakan berasal dari Aceh maupun Medan, sedangkan dosen terbang nya berasal dari banyak tempat salah satunya dari Jakarta. Jadi jangan takut bila di sini tidak akan mendapat pengajaran yang sejajar dengan universitas-universitas yang berlokasi di pusat :)

Untuk bidang kegiatan mahasiswa non-akademik di PSPD Unimal ini terbilang sangat maju lhoo. Tercatat hingga kini telah berdiri berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa yang aktif melakukan berbagai kegiatan menarik di tiap bulannya. Latar belakangnya juga berbeda-beda, ada yang berfokus pada keagamaan seperti MUSHAF kita (Medical Students Silaturrahim Forum), ada juga yang berfokus pada penelitian ilmiah yaitu IKARIWA (Ikatan Riset Mahasiswa), ada juga ISET (Ibnu Sina Emergency Team) tentang kegawat-daruratan di dunia kedokteran, dan lain-lain. Untuk badan tertinggi mahasiswa di sini dikenal HMPD (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter) yang di jurusan lain sering disebut BEM, DPM atau PEMA.

Oh iya, tidak lupa membahas mengenai FK Universitas Andalas sebagai 'ibu asuh' PSPD Unimal selama lima tahun, kini PSPD Unimal telah berhasil mendapat Akreditasi 'B' setelah melewati penilaian yang dilakukan oleh panitia pusat. Ini merupakan prestasi yang luar biasa untuk kampus yang baru saja berdiri selama 5 tahun. Sebentar predikat 'anak asuh' ini akan dilepas dan direncanakan insyaa Allah pada tahun 2013 ini status kampus kami akan berganti menjadi Fakultas.

Jadi, untuk apalagi ragu untuk mendaftar dan merasakan pengalaman jadi mahasiswa kedokteran di sini? Apalagi bagi mereka yang sudah diterima melalui jalur undangan, jangan ragu untuk bertanya-tanya pada kami mengenai kampus ini. Bisa menghubungi melalui FB page kami => Mushaf Universitas Malikussaleh maupun twitter => @MushafFKUnimal nanti akan kami respon secepatnya :)


Suasana Kampus PSPD Unimal

Suasana Kampus PSPD Unimal

Mushala As-Shaaf Kampus PSPD Unimal

Mungkin segini saja yang bisa saya ulas, mohon maaf atas sedikitnya informasi yang ada. Ini hanya info yang saya dapat sebagai mahasiswa yang terdaftar di sini. Bila ada masukan mohon disampaikan :)

Terima kasih telah membaca.

Wassalaamu'alaikum ^^


Posted by Unknown On 07.35 1 comment

1 komentar:

  1. Min. Gedung FK Unimal kan udah baru. Gambar2 nya udah bisa di update ya. Biar kalau ada yg mau kuliah di sana lebih semangat.

    BalasHapus

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube

    Total Pageviews