Selasa, 14 Januari 2014

           
Jamu merupakan obat tradisional Indonesia yang diwariskan turun-temurun, sementara obat herbal terstandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah distandardisasi. Saat ini ada beberapa merek obat herbal terstandar, yaitu Diabmeneer, Diapet, Fitogaster, Fitolac, Glucogarp, Ho Stimuno, Irex Max, Kiranti Pegal Linu, Kiranti Sehat Datang Bulan, Kuat Segar (Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao), Lelap, Prisidii, Rheumakur, Sehat Tubuh (Tian Ran Ling You), Songgolangit, Stop Diar Plus,Virugon, dan Tolak angin.
            Fitofarmaka adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik, bahan baku dan produk jadinya telah distandardisasi. 
 Beberapa contoh fitofarmaka asli Indonesia yaitu:


1. Nodiar® Kimia Farma
Each Nodiar tablet contains :
- Attapulgite 300 mg
- Psidii Folium Extract ( Daun Jambu Biji ) 50 mg
- Curcuma domestica Rhizoma Extract ( Kunyit ) 7.5 mg
Dosis : Dosis Dewasa dan Anak-anak ( 12 tahun lebih ) : Satu kali minum 2 tablet, maksimum 12 tablet dalam waktu 24 jam. Dosis Anak-anak ( 6 tahun sampai 12 tahun ) : Satu kali minum 1 tablet, maksimum 6 tablet dalam waktu 24 jam.
Indikasi :
Secara tradisional Psidii Folium Ekstrak dan Ekstrak Curcuma domestica Rhizoma digunakan untuk menyembuhkan diare.
·         Extrak daun Jambu Biji dikenal memiliki efek farmakodinamik yang bekerja pada otot polos usus, tannin yang terkandung di dalamnya melapisi mukosa usus, terutama pada kolon, dari penyerapan toksin dan presipitat protein. Psidii Folium adalah daun Psidium guajava L. (apple guava - common guava - 番石榴)
·         Ekstrak Akar Kunyit bekerja dengan efek spasmolytical sebagai anti pendorong oleh antagonis non kompetitif di reseptor asetilkolin. Curcumae Domesticae Rhizoma adalah rimpang Curcuma longa Linn. (Curcuma domestica Val.) (Turmeric - 姜黄).
·         Atapulgit melindungi usus dan menyerap toksin bakteri dan juga meningkatkan konsistensi tinja dengan penyerapan cairan pada lumen usus. Attapulgite, koloid aktif adalah magnesium alumunium silikat alamiah yang telah dimurnikan dan diaktifkan dengan cara pemanasan untuk meningkatkan kemampuan adsorpsinya. Berupa serbuk sangat halus, mempunyai pH antara 7,0-9,5. Attapulgite koloid aktif yang memiliki daya adsorpsi digunakan sebagai adsorben pada pengobatan diare. Pectin adalah karbohidrat yang berasal dari buah citrus atau apel yang telah dimurnikan. Pectin digunakan dalam pengobatan diare, biasanya dalam kombinasi dengan adsorben lainnya. Attapulgite maupun pectin diklaim dapat mengadsorpsi toksin, gas, bakteri, dan virus yang terdapat dalam lumen usus.

2. X-Gra ® Phapros
Tiap kapsul berisi:
- Ekstrak Ganoderma lucidum 150 mg
- Ekstrak Eurycomae radix 50 mg
- Ekstrak Ginseng 30 mg
- Ekstrak Retrofracti fructus 2,5 mg
- Royal jelly 5 mg
Indikasi: Meningkatkan stamina dan kesegaran tubuh, membantu meningkatkan stamina pria, membantu mengatasi disfungsi ereksi dan ejakulasi dini.
Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap bahan yang dikandung dam X-gra, kanker prostat, hipertensi berat dan gagal ginjal.
Dosis: Sehari 2 kapsul Diminum sebelum tidur secara rutin minimal selama 1 bulan.
Efek Samping: Karena berupa ekstrak alami X-gra sangat mudah di toleransi, sangat jarang terjadi susah tidur dan nafsu makan meningkat, hasil uji klinis menyatakan tidak adanya efek samping.
Kemasan: Doos isi 3 blister @ 10 kapsul Doos isi 4 catch cover @ 10 kapsul

3. Stimuno® Dexa Medica
Komposisi:
·         Tiap 5 ml Stimuno Sirup mengandung ekstrak Phyllanthus niruri 25 mg.
·         Tiap kapsul Stimuno mengandung Phyllanthus niruri 50 mg

Indikasi: Membantu meningkatkan sistem imun tubuh (sebagai imunomodulator).
Kontra indikasi : Pasien dengan kondisi sistem imun yang hiperaktif, misalnya pada pasien dengan riwayat penyakit autoimun atau hipersensitivitas.
Dosis : Sirup untuk anak-anak usia 1 tahun ke atas; Anak : 3 kali sehari 1 sendok takar sirup (5 ml); Kapsul untuk dewasa Dewasa : 3 kali sehari 1 kapsul
Kemasan : STIMUNO® tersedia dalam bentuk sirup 60 ml dan 100 ml untuk anak-anak serta dalam bentuk kapsul untuk dewasa. Kotak, 1 blister @ 10 kapsul.

Dosis : Sirup untuk anak-anak usia 1 tahun ke atas; Anak : 3 kali sehari 1 sendok takar sirup (5 ml); Kapsul untuk dewasa Dewasa : 3 kali sehari 1 kapsul
Nomor Registrasi : Stimuno sirup 60 ml dan 100 ml : POM FF 041600421, Stimuno kapsul : POM FF 041300411.

4.Tensigard® Phapros
Komposisi tiap kapsul berisi:
- Ekstrak Apii herba 92mg
- Ekstrak Orthosiphon folium 28mg
Indikasi: Menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik
Kontraindikasi: Hipersensitif terhadap bahan yang dikandung dalam Tensigard 
Dosis: Dosis terapi: 3 x sehari 1 kapsul. Dosis pemeliharaan: 2 x sehari 1 kapsul
Efek Samping: Sakit kepala, nausea
Kemasan: Doos isi 3 blister @ 10 kapsul

5. Rheumaneer® Nyonya Meneer
Komposisi:
- Curcumae domesticae Rhizoma 95 mg
- Zingiberis Rhizoma ekstrak 85 mg
- Curcumae Rhizoma ekstrak 120 mg
- Panduratae Rhizoma ekstrak 75 mg
- Retrofracti Fructus ekstrak 125 mg
Indikasi:
Menghilangkan nyeri sendi (arthralgia) dan kaku sendi. Melancarkan peredaran darah. Menghangatkan dan menyegarkan badan.
Dosis : Pengobatan: Diminum sehari 2 kali pagi & Malam @ 2 kapsul. Diminum 3 hari berturut-turut.
Anjuran : Selama menggunakan obat, sebaiknya istirahat yang cukup.
Kemasan : 20 Kapsul.

NB: Jika Anda ingin melihat produk obat-obatan dan makanan yang telah registrasi oleh BPOM RI silahkan kunjungi laman ini BPOM.
 

Posted by Unknown On 21.21 1 comment

1 komentar:

  1. Stimuno untuk balita/anak dan dewasa ada kontraindikasi, yakni jangan (tidak boleh) diminum oleh wanita hamil, ibu menysusui, pasien dengan hipersensitivitas terhadap tanaman meniran (Phyllanthus niruri) dan pasien yang menderita penyakit autoimun.

    BalasHapus

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube

    Total Pageviews