Rabu, 12 Desember 2012


Ditulis oleh: Dizi Bellari Putri (Infokom MUSHAF)
 
Assalamu’alaikum

Salam semangat!

Saya akan menulis mengenai rangkaian kegiatan Open Recruitment dari Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Kautsar Unimal, yang mana saya juga merupakan salah satu anggota di dalamnya.
Pada tahun 2012 ini rangkaian kegiatan yang dibuat oleh LDK sendiri terdiri dari bazar LDK, kajian umum, dan kamp LDK Al-kautsar. Diawali oleh bazar yang digelar di tiga kampus utama UNIMAL yaitu Reuleut, Bukit Indah, dan di kampus kita PSPD, Cunda. Di bazar yang dilaksanakan pada tanggal 6-9 November ini tentunya terdapat stand LDK yang mana menjadi tempat mahasiswa untuk mendaftar di open recruitment atau hanya sekedar bertanya-tanya tentang LDK Al-Kautsar pada abang dan kakak panitia. Selain itu, pada hari pertama kegiatan, di stand LDK ini juga dibagikan bubur kacang hijau secara gratis pada para pengunjung. Hal ini merupakan daya tarik yang besar bagi penghuni kampus untuk datang. I can say it was a good idea!

Selain stand LDK, ada juga beragam stand lain yang menjual berbagai macam barang kebutuhan mahasiswa seperti buku-buku, pakaian, kreasi bros dan makanan. Oh iya, di PSPD sendiri teman-teman kita juga ikut memanfaatkan kesempatan ini untuk menjajakan barang dagangannya yaitu ukhti Chaira dan Dini yang menjual pakaian kuliah untuk perempuan. Tidak mau ketinggalan, TB Ibnu Sina juga berpartisipasi dalam kegiatan bazar ini.

Beberapa minggu berikutnya, tepatnya hari Sabtu, 16 November 2012, diadakan kajian umum untuk mereka yang mendaftar sebelumnya untuk kegiatan open recruitment. Kajian ini yang diadakan di Mushala Ibnu Sina PSPD ini juga dilanjut denan kegiatan penggalangan dana untuk Palestina yang akan disumbangkan melalui KNRP (Komite Nasional untuk Rakyat Palestina). Alhamdulillah sumbangan dana yang terkumpul dari mahasiswa/I PSPD sendiri berjumlah kurang lebih Rp. 400.000

Dan datanglah saat yang ditunggu-tunggu yaitu kamp LDK Al-Kautsar yang bertemakan “SALAM 1” yang merupakan singkatan dari Wawasan Islam 1. Kamp yang merupakan gabungan dari training dasar organisasi, mabit (malam bina iman dan taqwa) dan outbond ini diadakan di Pondok Yatim Tahfidzul Quran Ar-Raudhah, Blang Wue Panjoe, pada 23-25 november kemarin. Peserta yang terdaftar mengikuti kegiatan Salam1 ini adalah 12 untuk ikhwan dan 10 untuk akhwatnya.

Selama  tiga hari di pondok, peserta di ajak untuk mendengarkan materi-materi mengenai dasar-dasar tentang organisasi itu sendiri, tentang ke-LDK-an, maupun tentang keadaan islam secara global saat ini. Selain itu, pada hari kedua stamina dan ketangkasan peserta diuji dengan kegiatan outbond yang dilaksanakan di lapangan pondok. Kegiatan outbond ini yang menurut saya paling seru dan berkesan, karena walaupun hanya menggunakan perlengkapan sederhana seperti balon, kertas koran, dan bola plastik, kegiatan ini berhasil memupuk kerjasama antar peserta yang terbagi ke beberapa kelompok. Tingkah laku para peserta yang berusaha keras supaya bisa menang kompetisi pun membuat saya yang menonton jadi tertantang untuk ikut bermain. Tidak sampai disitu, seusai outbond peserta diberi waktu bebas hingga maghrib tiba yang mana kesempatan ini diambil para ikhwan untuk bermain basket, sedangkan para akhwat bermain lempar bola bersama adik-adik penghuni pondok. Pokoknya riweuh pisan lah ;)

Malamnya para panitia berembuk untuk mendiskusikan agenda selanjutnya yaitu jurit malam. Ya, kegiatan jurit malam mini merupakan agenda special yang disiapkan panitia untuk menguji keberanian para peserta. Kegiatannya sendiri dilakukandi bukit yang terletak tidak jauh dari pondok, pada saat hari masih pagi buta. Lokasi bukit yang dikelilingi pohon-pohon besar ditambah dengan keadaan gerimis saat itu betul-betul membuat peserta harus ekstra hati-hati dalam menyusuri perjalanan dari pos ke pos. Terdapat 3 pos yang mana di masing-masing pos  disiapkan pertanyaan mengenai ke-LDK-an dan juga materi-materi yang telah diberikan sebelumnya.

Selain itu juga dilakukan kegiatan muhasabah dan forum diskusi dari peserta ikhwan dan akhwat mengenai kesimpulan yang didapat selama mendengarkan semua materi yang telah diberikan sebelumnya. Setelah forum diskusi, diberikan penghargaan pada peserta terbaik dari akhwat maupun ikhwan. Alhamdulillah yang terpilih keduanya berasal dari PSPD, yaitu akh Jailani Fajri (’12) dan ukh Hedya Nadhrati S. (’12). Dan untuk mengakhiri acara diadakan closing ceremony dan foto bersama.

Banyak sekali yang didapat oleh saya dan teman-teman selama mengikuti kegiatan Open Recruitment ini. Terutama saat SALAM 1, banyak ilmu pengetahuan, nasihat, motivasi yang membuat kami menjadi lebih bersemangat untuk ke depannya baik itu sebagai mahasiswan maupun sebagai aktivis dakwah kampus. Belum lagi keramahan dari penghuni pondok yang membuat kami merasa diterima dan ingin kembali lagi ke sana. Saya sangat berharap bukan hanya saya yang merasa terkesan terhadap segenap rangkaian kegiatan Open Recruitment ini, namun juga semua peserta dan panitia yang lain. Insya Allah ini bisa menjadi salah satu pintu awal terbangunnya jalan dakwah baik di Universitas Malikussaleh maupun kampus PSPD khususnya.
Posted by Unknown On 14.49 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube

    Total Pageviews